Langsung ke konten utama

Butuh Trik untuk Mengajar Generasi Milenial

Generasi milenial lahir di tengah derasnya arus informasi dan perkembangan teknologi yang demikian pesat. Karena itu lah, cara ajar untuk mendidik mereka pun harus dibedakan dan ada triknya.

"Mereka (genereasi milenial) tidak perlu lagi disuapi dengan pelajaran teoritis. Mereka sudah pandai membaca dan punya wawasan yang luas," ujar Dekan Binus ASO School of Engineering Ho Hwi Chie, Sabtu (13/5/2017).

Wiwi, begitu ia biasa disapa menjelaskan bahwa satu hal yang memudahkan adalah fakta bahwa milenial tak perlu lagi diperkenalkan dengan teknologi. Mereka hanya perlu diarahkan agar ilmu yang sudah mereka miliki dari hasil pencarian sendiri itu mampu diterapkan dalam dunia nyata. "Untuk masa-masa saat mereka bekerja nantinya," lanjut Wiwi.

Sayangnya, milenial punya kebiasaan lain. Mereka cenderung ingin mencapai sesuatu dengan cepat dan instan karena terbiasa dengan kemudahan teknologi. Hal itu, kata Wiwi menjadi tantangan bagi pengajar, khususnya generasi X. Pengajar harus sabar dan pandai berinteraksi dengan milenial. Di sisi lain, mereka juga cenderung kritis bertanya.

"Anak milenial (bila) disuruh A akan bertanya, kenapa mesti A? Kami harus punya penjelasan yang jelas dan konkret," kata Wiwi.

Pengajar harus banyak memberikan pengertian pada anak didik. Biarkan mereka berpendapat dan bertanya sesuai dengan pengetahuanya. Bila ada hal yang kurang tepat, Wiwi menganjurkan pengajar untuk membuka ruang diskusi.

"Milenial perlu diberi penjelasan dan dibimbing guna menyadari (bila) mencapai sesuatu (itu) haruslah bersama-sama, tidak hanya fokus untuk diri sendiri," kata dia. Keadaan itu, katanya lagi bukan hanya berguna saat masa-masa belajar, melainkan juga untuk dunia kerja yang punya tuntutan untuk bekerja sama dengan orang lain.

"Dosen sebaiknya bisa jadi pemicu. Misal saat mahasiswa bertanya, (coba) tanya balik. Berikan sumber pencarian jawaban. Nanti mereka (milenial) yang akan eksplor sendiri," ujarnya.

Dengan demikian, Wiwi berharap generasi milenial dapat semakin bergairah saat belajar dan menghasilkan ide baru. Masa-masa belajar pun harus jadi produktif. Salah satu yang bisa memicu hal itu adalah saat ada tugas atau proyek dimana mereka dapat terlibat langsung dengan industri bersangkutan.

"Saat tugas dari bentuk teori diimplementasikan langsung, bisa jadi cara untuk melatih kesabaran milenial. Ini menjadikan mereka sadar kalau tidak (ada sesuatu yang) bisa dihasilkan dalam sekejap," kata Wiwi (Sumber kompas.com)


Postingan populer dari blog ini

LOGO SMA NEGERI 2

Berkat Tangan Terampil Bapak Doni Saputra, S.Kom logo ini dibuat dan Mulai digunakan Sejak Tahun Ajaran 2016/2017.

PENGUMUMAN KELULUSAN SISWA KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Sejarah Berdirinya SMA Negeri 2 Sembawa

SMAN 2 Sembawa memiliki visi  membentuk manusia yang beriman dan bertakwa, berbudaya, berpikir cerdas dan terampil dalam IPTEK . Keinginan mulia tersebut juga dituangkan dalam beberapa misi antara lain penguasaan pengetahuan dan teknologi namun tak meninggalkan keimanan dan ketakwaan sehingga dapat meningkatkan kemandirian, keuletan serta menghargai antar warga sekolah. Pada awalnya gedung SMAN 2 Sembawa adalah gedung SDN 2 Sembawa yang didirikan pada tahun 1971, kemudian pada tahun 1980 SDN 2 Musi landas dimekarkan menjadi SDN 1 dan SDN 2 Musi Landas. Seiring berjalannya waktu SDN 2 Musi Landas kekurangan murid sehingga SDN 2 dan 1 bergabung kembali dengan menepati gedung SDN 1 Musi Landas yang letaknya tidak jauh dari lokasi SDN 2 Musi Landas. Karena lahan kosong pada tahun 2012 dialihfungsikan menjadi Sanggar Kegiatan Belajar (SKB). Pada akhirnya tahun 2014 dari Sanggar Kegiatan Belajar tersebut dialih fungsikan menjadi SMAN 2 Sembawa. SMAN 2 Sembawa yang memasuki tahun...